Penggunaan diorama dalam pembelajaran dapat menciptakan pengalaman yang mendalam dan memberikan gambaran konkret tentang konsep atau topik tertentu.
Pada semester 4 pembelajaran Fikih Bab Haji & Umroh siswa-siswi MTsN 3 Banyuwangi kita ajak belajar membuat DIORAMA HAJI sebagai media pembelajaran yang dapat dijadikan ajang pengembangan bakat berkreasi anak dan sarana pendalaman pemahaman tentang kaifiyah berhaji dan umroh. Penggunaan diorama sangat bermanfaat untuk memvisualisasikan materi ajar yang sangat abstrak (dalam hal ini pembelajaran haji yang masih sangat jauh untuk dapat dimediakan lewat visual nyata di depan kelas)
Penggunaan diorama Haji bisa menjadi cara yang menarik untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perjalanan ibadah Haji kepada orang-orang yang belum pernah mengalami atau sebagai alat pembelajaran di lingkungan pendidikan.
Skenario tugas pembuatan diorama ini dapat disesuaikan dengan ketersediaan bahan dan kemampuan kreatifitas siswa yang merangsang ide kreatif dan interaksi siswa dengan materi pembelajaran. Dari hasil diorama kreatifitas siswa kelas 8i terekam aktifitas pembuatan dan penggunaan diorama Haji dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Karya diorama Haji ditempatkan di lokasi yang dapat diakses oleh orang banyak, seperti dalam acara pameran atau presentasi kelas. Disiapkan penjelasan atau narasi yang dapat menyertai diorama untuk memberikan konteks dan informasi penting.
Diorama digunakan sebagai titik fokus dalam presentasi atau ceramah tentang Haji yang dapat memberikan kesempatan kepada pengunjung atau peserta untuk mengajukan pertanyaan atau berdiskusi tentang pengalaman Haji.
Dengan menggunakan diorama Haji, kita dapat menciptakan pengalaman visual dan sensori yang mendalam, membantu orang untuk lebih memahami dan menghargai perjalanan spiritual umat Islam selama ibadah Haji.
Copyright © 2022 – Mtsn 3 Banyuwangi All Rights Reserved.
Made with ❤ by DigitalHost